Peningkatan Penerapan Nilai Luhur Budaya Karakter Bangsa pada Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Value Clarification Techique Model Daftar di Kelas IV B SD n Tarok Dipo Bukittinggi

Reinita, Reinita and Dernawati, Dernawati and Permatasari, Adek (2016) Peningkatan Penerapan Nilai Luhur Budaya Karakter Bangsa pada Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Value Clarification Techique Model Daftar di Kelas IV B SD n Tarok Dipo Bukittinggi. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
2. TAROK DIPO 2016.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Penerapan nilai-nilai luhur budaya yang berdasar nilai-nilai Pancasila sebagai karakter bangsa kepada siswa SD dinilai sangat penting. Pada waktu usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk membina dan menanamkan nilai luhur Pancasila oleh guru kepada siswa. Melalui pembelajaran PKn di SD, guru dapat melaksanakan penanaman, pembinaan nilai-nilai luhur budaya Indonesia sebagai karakter bangsa. Permasalahan yang peneliti temukan di kelas IV SD 16 Tarok Dipo Kota Bukittinggi dari aspek guru adalah guru masih merasa kesulitan melaksanakan proses pembelajaran PKn di SD. Guru kurang berhasil membelajarkan PKn secara utuh meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotor. Pada aspek afektif sering kali gagal melaksanakan pembinaan sikap siswa, bahkan sering terabaikan dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan pembinaan sikap yang mencerminkan nilai luhur sebagai karakter bangsa tidak dilakukan.Berbagai permasalahan yang dirasakan tersebut berpengaruh terhadap siswa. Ini terlihat dari rendahnya keterlibatan siswa, siswa kurang mendapat pembinaan nilai/sikap, siswa kurang memahami kejelasan nilai/sikap yang harus diterapkannya, siswa sulit dalam menginternalisasi dan mensosialisasikan nilai-nilai luhur/sikap pada dirinya, yang pada prinsipnya permasalahan-permasalahan yang dirasakan guru dan siswa tersebut berpengaruh terhadap rendahnaya hasil belajar Pkn siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti memilih dan menggunakan salah satu pendekatan/strategi pembelajaran yang memiliki keunggulan dalam pencapaian setiap aspek pembelajaran PKn di SD. Salah satu modelnya adalah VCT Model Daftar (Matrik).Model ini berupaya membina, mengungkapkan, menerapkan nilai-nilai/sikap melalui matrik sikap yang memuat sejumlah pernyataan-pernyataan nilai/sikap sebagai media stimulus, pernyataan nilai/sikap yang digunakan harus mampu menyeru perasaan dan kejiwaan siswa dan menyentuh hati nurani siswa yang pada akhirnya dapat melahirkan argumen dan klasifikasi pendirian siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yaitu bagian dari penelitian tindakan yang dilakukan dalam kelas. Model atau langkah-langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada empat, yaitu: a) Perencanaan (planning), b) pelaksanaan atau tindakan (acting), c) pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Penelitian ini terdiri dari dua siklus.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:52
Last Modified: 30 Aug 2018 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item