Pelatihan Model Pembelajaran Kooperatis Tipe Listening Team bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam

Reinita, Reinita and Hidayat, Muhammad Taufik (2018) Pelatihan Model Pembelajaran Kooperatis Tipe Listening Team bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
6. ICCE UMS_2018.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari program pengabdian ini yaitu untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dalam menerapkan pembelajaran PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dua pertemuan. Materi sajian berupa konsep model pembelajaran, contoh pelaksanaan dalam pembelajaran, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), simulasi dan teknik penilaian. Adapun metode-metode yang digunakan dalam pelatihan ini yakni ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, diskusi, dan simulasi. Kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan guru SD di Kecamatan Tanjung Mutiara dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran PKn yang lebih atraktif dan merangsang keaktifan siswa SD. Program ini juga meningkatkan motivasi peserta untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan terkait model pembelajaran kooperatif secara umum, serta memacu peserta untuk meningkatkan profesionalisme mereka dalam pelaksanaan pembelajaran, khususnya pembelajaran PKn.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:43
Last Modified: 29 Aug 2018 04:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16293

Actions (login required)

View Item View Item