Primawati, Primawati and Ambiyar, Ambiyar and Ramadhani, Devia (2017) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick. INVOTEk: Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick, 17 (1). ISSN 1411-3411
|
Text
artikel invotek vol 1 2017.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Aktivitas siswa yang terjadi pada saat proses pembelajaran terlihat bahwa siswa cenderung menjadi pendengar saja, enggan mengemukakan pendapat dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menjelaskan proses dasar teknik mesin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Pemesinan sebanyak 21 orang. Data dikumpulkan melalui lembaran observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar dan tes objektif untuk melihat perubahan hasil belajar dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar mencapai 62,2%, dan meningkat menjadi 81,03%. Pada siklus II. Untuk hasil belajar, pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 61,90% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,19%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I, 75,54 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,04. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > GT Technology (general) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 02:08 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 02:43 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16264 |
Actions (login required)
View Item |