Mobilisasi Sumber Daya dan Identitas Kelompok dalam Menolak Ranperda Diskriminatif: Studi Kasus Gerakan FKWIS Sumatera Barat 2001

Selinaswati, Selinaswati (2016) Mobilisasi Sumber Daya dan Identitas Kelompok dalam Menolak Ranperda Diskriminatif: Studi Kasus Gerakan FKWIS Sumatera Barat 2001. In: Prosiding Konferensi Nasional sosiologi V: Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia Padang, 18-19 Mai 2016, Padang.

[img]
Preview
Text
prosiding mobilisasi sumber daya ok.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi aksi bersama anggota Forum Komunikasi Wartawati Sumatra Barat-FKWIS menolak Draft Ranperda diskriminatif. Gerakan organisasi dipengaruhi era Reformasi tahun 1998, paralel dengan kebijakan sistem otonomi daerah yang memberi kewenangan bagi pemimpin lokal seperti anggota DPRD membuat Perda yang bernuansa lokal. Salah satu produk yang dusulkan Komisi E DPRD periode 1999-2004 adalah Ranperda Penyakit Masyarakat (Pekat). Pasal 10 ayat 3 Ranperda tersebut tentang pelarangan perempuan untuk tidak beraktifitas di malam hari setelah jam 8 malam hingga jam 6 pagi bila tak ada muhrim yang mendampingi. Jadi gerakan FKWIS menolak klausul Ranperda tersebut agar tidak menjadi Perda, sebab dikhawatirkan menghambat perempuan yang melakukan aktifitas dan dinas di malam hari. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode penelitian kualitatif berupa observasi dan wawancara mendalam kepada pimpinan FKWIS, sejumlah wartawati, pihak komisi E DPRD dan pemuka masyarakat seperti Bundo Kanduang. Hasil penelitian menunjukkan gerakan yang dilakukan FKWIS, yang menggunakan identitas kolektif mereka sebagai jurnalis berhasil menuntut dihapusnya pasal diskriminatif, yakni dengan memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki dalam kapasitas sebagai wartawati; memanfaatkan media untuk mengakses, mengimformasikan serta membentuk opini publik melalui talk show, dialog interaktif, polling sms dan seminar. Mereka juga membuka dialog, komunikasi dan membangun jaringan dengan organisasi dan pihak lain guna mendapat dukungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2018 03:32
Last Modified: 27 Aug 2018 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16237

Actions (login required)

View Item View Item