Meta Analisis Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Fadilla, Annisa (2021) Meta Analisis Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ANNISA_FADILLA_17033049_5685_2021.pdf] Text
B1_5_ANNISA_FADILLA_17033049_5685_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan model learning cycle merupakan salah satu solusi dalam
mengatasi permasalahan dalam pembelajaran fisika, seperti hasil belajar fisika
siswa yang rendah. Penelitian terkait pengaruh model learning cycle terhadap hasil
belajar fisika sudah banyak dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Namun, belum ada
kajian secara menyeluruh mengenai pengaruh model learning cycle terhadap hasil
belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan effect size penerapan
model learning cycle terhadap hasil belajar fisika siswa secara general dan
berdasarkan tingkatan kelas, unit materi pelajaran, jenis-jenis model learning cycle,
serta jenis-jenis hasil belajar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian meta analisis. Meta analisis
adalah penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum data penelitian,
mengulas dan menganalisis data penelitian dari beberapa hasil penelitian
sebelumnya. Langkah-langkah meta analisis yaitu menetapkan topik, menentukan
periode dan kriteria artikel yang dijadikan sumber data, mengumpulkan artikel,
mengkategorikan masing-masing artikel, mencatat data-data penelitian,
menghitung effect size per artikel, dan menganalisis serta menarik kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan dua hasil
penelitian. Pertama, besar pengaruh model learning cycle terhadap hasil belajar
fisika siswa yaitu sebesar 0,915 dalam kategori tinggi. Kedua, pengaruh model
learning cycle terhadap hasil belajar fisika siswa berpengaruh paling tinggi pada:
(1) tingkatan kelas XI sebesar 0,921 berdasarkan tingkatan kelas, (2) unit materi
fluida sebesar 1,026 berdasarkan unit materi pelajaran, (3) model learning cycle
tipe 7E sebesar 0,931 berdasarkan jenis model learning cycle, (4) hasil belajar aspek
keterampilan yaitu sebesar 1,126 berdasarkan jenis hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meta Analisis, Model Learning Cycle, Hasil Belajar Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 06:50
Last Modified: 21 Jul 2025 06:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item
View Item