Implmenentasi Kurikulum 2013 di Sumatera Barat

Octova, Adree and Bentri, Alwen and Putra, Amali and Hidayati, Abna and Rahmi, Alfia (2014) Implmenentasi Kurikulum 2013 di Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5 (1). pp. 88-99. ISSN 1978-5461

[img]
Preview
Text
4133-8525-1-SM ok.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan digulirkan pemerintah kurikulum 2013 sejak pertengahan tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga melakukan melakukan program pengadaan buku, pelatihan kurikulum, pendampingan, dan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di seluruh Indonesia, termasuk di provinsi Sumatera Barat. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi (monev) oleh tim monev dari Universitas Negeri Padang yang berjumlah 5 orang, yang dibantu oleh sebanyak 48 orang surveyor sebagai tim pengambil data di lapangan terhadap 3108 responden yang terdiri dari guru, siswa, kepala sekolah dan pengawas untuk satuan pendidikan SD, MP, SMA dan SMK. Monev dilakukan dari bulan Agustus – November 2014) pada 6 kabupaten/kota di provinsi sumatera Barat yang dipilih secara acak. Metode monev yang diterapkan adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif menggunakan instrumen berupa kuesioner dan di triangulasi dengan teknik observasi dan indepth interview. Monev bertujuan agar teridentifikasinya proses, kendala dan hasil yang diperoleh dari implementasi kurikulum 2013 tersebut, meliputi empat komponen utama yaitu pengadaan buku guru dan buku siswa, pelatihan, pendampingan, dan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari monev menyimpulkan bahwa: a) Kualitas buku menurut persepsi responden pada umumnya berada pada kategori bagus (65 %); b) Proses pelatihan berada pada kategori baik (56,2 %), kejelasan materi yang disajikan berada pada kategori jelas (53,8 %) dan sangat jelas (19,1 %). Tingkat pemahaman materi pada kategori paham 68,8 % dan sangat paham 5 %. Sedangkan keyakinan terhadap mengimplementasikan kurikulum berada pada kategori yakin 58,7 % dan sangat yakin 3,70 %; c) Tingkat keefektifan pendampingan pada umumnya yang berada pada kategori cukup efektif dan sangat efektif; d) mengenai kegiatan pembelajaran langkah-langkah pendekatan saintifik telah mulai dilaksanakan, Cuma masih ditemukan kendala pada evaluasi proses, kegiatan menanya, dan konfirmasi materi pelajaran belum berjalan dengan baik dan tuntas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:48
Last Modified: 10 Aug 2018 01:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15833

Actions (login required)

View Item View Item