Pembelajaran Literasi Sains untuk Lever Dasar

Fitria, Yanti (2017) Pembelajaran Literasi Sains untuk Lever Dasar. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Pembelajaran Literasi Lintas Disiplin Ilmu Ke-SD-an, 4-6 September 2017, Bukittinggi.

[img]
Preview
Text
Prosiding Semnas 4-5 agustus 2017 1.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains di Indonesia saat ini masih membutuhkan usaha-usaha untuk perbaikan ke arah yang lebih baik, khususnya bagaimana dengan proses pendidikan sains mampu memperkuat aspek sikap diawali dari penguasaan konten, proses serta aplikasi/penerapannya bagi pendidik maupun peserta didik. Selama dekade kurikulum pendidikan di Indonesia bahwa kurikulum pembelajaran sains di sekolah masih sedikit menyentuh hingga membantu siswa mencapai literasi dan percaya diri dalam mengaplikasikan pengetahuan mereka yang berkaitan dengan isu-isu sosial yang dapat direfleksi dari hasil PISA setiap dekadenya. Hal ini merupakan tolak ukur pencapaian standar nasional pendidikan sains dalam upaya meningkatkan kebutuhan mendasar literasi sains. Keterbatasan keterampilan mengajar guru terkait integrated learning di sekolah dasar (SD) belum mampu diaplikasikan dengan baik sebagai bagian dari standar proses. Ketersediaan sumber-sumber belajar science masih belum utuh terjangkau oleh para guru. Dengan demikian pemahaman terhadap aspek konten sains, proses, serta aplikasi sudah harus dikuasai oleh guru sehingga mampu memperkuat literasi sains pendidik akan mampu pula ditanamkan secara baik kepada peserta didik. Membangun literasi guru terhadap sains akan berinterrelasi terhadap meningkatnya literasi sains peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 09 Aug 2018 00:49
Last Modified: 09 Aug 2018 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15728

Actions (login required)

View Item View Item