Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar

Fitria, Yanti (2017) Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (2). pp. 34-42. ISSN 2579-3403

[img]
Preview
Text
jurnal pgsd edisi des vol 2 th 2017.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektifitas capaian kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Kota Padang. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan tes hasil belajar.Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan. Kompetensi belajar siswa.Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu: (a) aspek kognitif dari 75 menjadi 93, (b) aspek afektif dari 74 menjadi 95, dan (c) aspek psikomotor dari 76 menjadi 94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri efektif dapat meningkatkan capaian kompetensi belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Kota Padang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:43
Last Modified: 08 Aug 2018 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15723

Actions (login required)

View Item View Item