Pendekatan Holistik Untuk Menganalisis Penguasaan Standar Kompetensi dan Kompentensi Dasar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Tingkat SMA di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam

Festiyed, Festiyed (2013) Pendekatan Holistik Untuk Menganalisis Penguasaan Standar Kompetensi dan Kompentensi Dasar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Tingkat SMA di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. In: Seminar Nasional dan Rapat Tahunan, di Universitas Medan, Mai 2013, Medan.

[img]
Preview
Text
Makalah Festiyed -mendan.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian di SMA di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam tahun 2010 untuk mata pelajaran Fisika dengan desain deskriptif kualitatif. Sampel diambil 25% dari masing-masing kelompok populasi SMA Bukittinggi (8 sekolah negeri dan 8 sekolah swasta) dan SMA Kabupaten Agam (27 sekolah negeri dan 28 sekolah swasta), dipilih lagi berdasarkan daerah urban dan rural , dimana gurunya mengampu mata pelajaran yang berbasis teori dan praktikum menggunakan teknik stratified random sampling, terpilih 4 sekolah dari Bukittinggi dan 6 sekolah dari kabupaten Agam. Kegiatan penelitian ini dilakukan tiga tahap namun pada makalah ini dilaporkan untuk satu tahap, yang menekankan pada studi literatur, identifikasi masalah dan menyusun instrumen penelitian, pengumpulan dan analisis data. Hasil penelitian, diperoleh ketidak sinkronan antara perencanaan, pelaksanaan dan penilaian(asesmen) yang dilakukan oleh guru. Hasil analisis mutu pembelajaran melalui RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran di Bukittinggi dan Kabupaten Agam menunjukkan, (1) rumusan indikator dan tujuan pembelajaran hanya memuat kompetensi aspek kognitif, (2) penilaian pembelajaran tidak sesuai dengan indikator yang dirumuskan, (3) metode dan media yang digunakan tidak menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Dari proses pembelajaran, pengalaman belajar yang diperoleh di kelas menjadi tidak utuh dan tidak berorientasi pada tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar secara holistik. Peserta didik tidak dibiasakan untuk mengembangkan potensi proses berpikirnya, sehingga banyak peserta didik yang cenderung menjadi malas berpikir secara mandiri. Cara berpikir yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran belum banyak menyentuh domain afektif dan psikomotor.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:15
Last Modified: 11 Feb 2019 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15332

Actions (login required)

View Item View Item