Implementasi Model Perangkat Penilaian Berbasis Deskripsi KKNI pada Pembelajaran Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang

Festiyed, Festiyed (2013) Implementasi Model Perangkat Penilaian Berbasis Deskripsi KKNI pada Pembelajaran Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang. In: Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Bidang Ilmu MIPA, 10-12 Mai 2013, Padang.

[img]
Preview
Text
Makalah 13 Lampung.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian action research untuk mengimplementasikan Perangkat Penilaian Berbasis Deskripsi KKNI melalui model Learning Cycle 5E, yang terdiri dari tahap engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation di Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tahun 2012 untuk mata kuliah komputer dalam pembelajaran Fisika. Kegiatan penelitian ini dilakukan empat siklus, siklus satu dan dua terdiri dari 3 kali pertemuan, siklus tiga dan empat terdiri dari 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, catatan lapangan, angket dan rubrik penilaian proses pembelajaran, penilaian sikap dan kinerja. Indikator penilaian sikap: Ingin tahu (A1), Percaya diri (A2), Tanggung jawab (A3), Disiplin (A4), Teliti (A5),Kerjasama (A6), Mendengarkan penjelasan (A7), Bertanya (A8), Menjawab (A9), Menanggapi (A10). Indikator penilaian kinerja: Melakukan praktikum (K1), Menyimpulkan hasil praktikum (K2), Melakukan presentasi (K3), Menerapkan pengetahuan baru (K4), Menyelesaikan soal-soal dan permasalahan (K5). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian sikap mengalami peningkatan yaitu: tanggung jawab (A3) sebesar 2,2 %, sedangkan indikator yang tergolong pada keterampilan sosial umumnya mengalami peningkatan yang tinggi diantaranya indikator: menjawab (A9) sebesar 22,8 %, kerjasama (A6) sebesar 9,4 % , percaya diri (A2) sebesar 8,7 %, mendengarkan penjelasan (A7) sebesar 7,6 %, dan teliti (A5) sebesar 5,5 %. Sedang untuk penilaian kinerja, rata-rata peningkatan yang paling tinggi adalah dari siklus I ke siklus II yaitu 27,7 %, dari siklus II ke siklus III terjadi penurunan sebesar 17,1 % dan dari siklus III ke siklus IV terjadi peningkatan lagi sebesar 21,6 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:15
Last Modified: 01 Aug 2018 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item