Rahmawati, Nova Putri (2013) Perbedaan Mutu Keterampilan Belajar Siswa Asrama dan Luar Asrama SMA N 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NOVA_PUTRI_RAHMAWATI_04199_2194_2013.pdf [thumbnail of B1_5_NOVA_PUTRI_RAHMAWATI_04199_2194_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NOVA_PUTRI_RAHMAWATI_04199_2194_2013.pdf
Download (910kB)
Abstract
Keberhasilan siswa dalam belajar, salah satunya ditentukan oleh faktorketerampilan belajar. Keterampilan belajar adalah kecakapan-kecakapan yangharus dikuasai siswa untuk dapat berhasil dalam mengikuti kegiatan belajarmengajar, seperti keterampilan mengatur waktu belajar, keterampilan ketahanandalam belajar dan keterampilan persiapan mengikuti ujian. Informasi yangdiperoleh dari siswa asrama dan luar asrama, keterampilan belajar yang merekamiliki belum sepenuhnya dilakukan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mendeskripsikan: (1) keterampilan belajar siswa yang tinggal di asrama, (2)keterampilan belajar siswa yang tinggal di luar asrama, (3) perbedaanketerampilan belajar siswa asrama dan luar asrama.Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif komparatif. Instrumenpenelitian adalah angket. Populasi penelitian adalah siswa asrama dan luar asramaSMA N 1 Padang Panjang kelas X dan XI sebanyak 442 orang siswa. Teknikpengambilan sampel yaitu Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel114 orang siswa. Data dianalisis dengan statistik sederhana dengan menggunakanpersentase. Untuk menguji perbedaan digunakan statistik parametrik yaitu uji tdengan menggunakan program Statistical Product And Service Solution ForWindows Release 15.00Temuan hasil penelitian menunjukkan: (1) mutu keterampilan belajarsiswa Asrama SMA N 1 Padang Panjang termasuk dalam kategori baik, (2) mutuketerampilan belajar siswa Luar Asrama SMA N 1 Padang Panjang termasukdalam kategori baik, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antaraketerampilan belajar siswa asrama dan luar asrama.Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada siswa asrama danluar asrama agar dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan belajardengan cara mengikuti setiap layanan yang diberikan oleh guru pembimbingterkait dengan upaya peningkatan keterampilan belajar siswa. Guru pembimbingdiharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan layanan bimbingan dankonseling terutama dalam bidang keterampilan belajar, khususnya keterampilanmengatur waktu belajar, keterampilan ketahanan dalam belajar dan keterampilanpersiapan mengikuti ujian. Seperti memberikan layanan bimbingan kelompok,layanan informasi dan layanan penguasaan konten.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MUTU KETERAMPILAN, BELAJAR SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:51 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15202 |