Sari, Nita Puspita (2012) Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Layanan Informasi (Studi Deskriptif terhadap Siswa MTsN Lubuk Buaya Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NITA_PUSPITA_SARI_01317_5851_2012.pdf [thumbnail of B1_5_NITA_PUSPITA_SARI_01317_5851_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NITA_PUSPITA_SARI_01317_5851_2012.pdf
Download (352kB)
Abstract
Dalam membantu mengembangkan kehidupan pribadi, sosial, kegiatanbelajar, dan karir siswa dapat melalui layanan informasi yang baik dan benar olehguru pembimbing. Dengan adanya layanan informasi yang baik dan benar dariguru pembimbing tersebut, siswa akan berpersepsi positif terhadap pelaksanaanlayanan informasi dalam mengembangkan bidang pengembangan pribadi, sosial,kegiatan belajar, dan karir. Sehingga siswa akan mengaplikasikan hasil layananyang diberikan oleh guru pembimbing.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentangpelaksanaan layanan informasi di MTsN Lubuk Buaya Padang. Adapunmetodologi penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif, instrumen penelitianadalah angket, populasi penelitian berjumlah 364 orang yang terdaftar pada tahunajaran 2011/2012 dan sampel penelitian 140 orang siswa. Data dianalisis denganmenggunakan teknik statistik untuk mencari skor persentase dan skor mutu.Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) 69,29% siswa sudahmempersepsi sangat baik tentang materi layanan informasi yang diberikan olehguru pembimbing di MTsN Lubuk Buaya Padang, 2) 49,29% siswa sudahmempersepsi baik tentang penguasaan materi layanan oleh guru pembimbingdalam pelaksanaan layanan informasi di MTsN Lubuk Buaya Padang, 3) 61,43%siswa sudah mempersepsi baik tentang penggunaan media layanan oleh gurupembimbing dalam pelaksanaan layanan informasi di MTsN Lubuk BuayaPadang, 4) 57,86% siswa mempersepsi baik tentang metoda yang digunakan olehguru pembimbing dalam pelaksanaan layanan informasi di MTsN Lubuk BuayaPadang, 5) 73,57% siswa mempersepsi baik tentang penggunaan waktu oleh gurupembimbing dalam pelaksanaan layanan informasi di MTsN Lubuk BuayaPadang, . Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru pembimbingagar lebih meningkatkan mutu pelaksanaan layanan informasi dalam bidangpengembangan pribadi, sosial, kegiatan belajar, dan karir sehingga persepsi siswamenjadi lebih baik dan mampu menunjang kelancaran dan ketercapaian hasildalam melaksanakan layanan informasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN INFORMASI, PERSEPSI SISWA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 08:53 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15158 |