Keterlibatan Orang Tua di Rumah dalam Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus yang Bersekolah di SLB Karakter Mandiri Bukittinggi

Silvia, Silvia (2015) Keterlibatan Orang Tua di Rumah dalam Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus yang Bersekolah di SLB Karakter Mandiri Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SILVIA_02454_4960_2015.pdf] Text
B1_4_SILVIA_02454_4960_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam melaksanakan proses pendidikan, peran orang tua sangat di perlukan
agar potensi yang dimilki anak sebagai peserta didik bisa teroptimalkan. Bagi
anak berkebutuhan khusus peranan orang tua malah sangat penting dalam
program pembelajarannya. Ada sebagian orang tua yang memperlihatkan
keterlibatannya dalam pendidikan anaknya dan ada juga sebagian yang tidak
memperlihatkan. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam
penelitian ini yaitu bagaimana bentuk keterlibatan orang tua di rumah dalam
layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLB Karakter
Mandiri Bukittinggi.
Teori yang digunakan untuk menjelaskan data hasil penelitian ini adalah
teori tindakan sosial dari Max Weber. Asumsi dasar teori Weber adalah tindakan
sosial merupakan tindakan individu sepanjang tindakan itu mempunyai makna
atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan oleh individu kepada orang lain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini
berjumlah 10 orang. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non
partisipasi, wawancara mendalam, peneliti melakukan triangulasi data. Analisis
dalam penelitian ini menggunakan model interakif yang dikembangkan oleh
Mathew Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keterlibatan orang tua di rumah
dalam layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLB
Karakter Mandiri Bukittinggi. Secara garis besar bentuk keterlibatan orang tua
tersebut adalah 1) menyediakan sarana belajar atau kebutuhan sekolah, 2)
melakukan pengawasan terhadap proses belajar anak seperti menanyakan kegiatan
di
sekolah dan mendampingi belajar di rumah , 3) mengajarkan dan
mengembangkan keterampilan kepada anak sesuai dengan bakat dan potensi anak,
dan 4) mengajarkan tentang pendidikan agama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 04 Jul 2025 06:54
Last Modified: 04 Jul 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15128

Actions (login required)

View Item
View Item