Kurniati, Nia (2016) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VII.1 di SMP N 3 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_NIA_KURNIATI_1105581_1333_2016.pdf [thumbnail of B1_5_NIA_KURNIATI_1105581_1333_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_NIA_KURNIATI_1105581_1333_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan masih ada siswa di SMP N 3 IV KotoAur Malintang mengalami masalah dengan konsep dirinya. Siswa yang memilikikonsep diri positif, cenderung menampilkan tingkah laku berdasarkan konsep diriyang positif tersebut. Guru Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan salah satupihak yang dapat membantu siswa meningkatkan konsep dirinya melaluipelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan konsep diri siswa kelas VII.1 SMP N 3 IV Koto Aur Malintangsebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok sertapeningkatannya.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekataneksperimen jenis The One-Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitianadalah siswa kelas VII.1 SMP N 3 IV Koto Aur Malintang yang berjumlah 10orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisismenggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test.Temuan penelitian mengungkapkan konsep diri siswa kelas VII.1 SMP N 3IV Koto Aur Malintang sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok beradapada kategori rendah dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok konsepdiri siswa tersebut meningkat dengan kategori tinggi. Hal ini mengungkapkanterdapat peningkatan konsep diri siswa kelas VII.1 SMP N 3 IV Koto AurMalintang setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Oleh karena itu, GuruBK disarankan untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan layanan bimbingankelompok agar konsep diri siswa semakin positif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN KELOMPOK, KONSEP DIRI |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:49 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15102 |