Pendekatan Pembelajaran Komando dan Pendekatan Melalui Tugas Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar

Erizal, Nurmai (2013) Pendekatan Pembelajaran Komando dan Pendekatan Melalui Tugas Terhadap Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar. In: Proceeding International Scientific Seminar on Sport and Sportsciences: The Role and Contribution of Sport and Sportsciences in Enhancing a Better Quality of Life, 12-13 September 2013, Padang.

[img]
Preview
Text
ERIZAL N.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran komando dan pendekatan melalui tugas terhadap kemampuan motorik siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Populasi Kelas IV, V, dan VI SD Negeri 10 Sungai Sapih Kecamatan Kuranji yang berurumur 10 sampai 12 tahun berjumlah 152 Siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik proporsif random sampling yang dilakukan secara acak sebanyak 44 siswa. Dalam perlakuan sampel dibagi dua. Intrumen penelitian adalah tes : (1). Koordinasi, (2). Keseimbangan, (3). Kecepatan, (4). Ketangkasan, (5). Kekuatan, dan (6). Akurasi Uji coba dilakukan terhadap SD Negeri 25 Air Tawar Padang Utara sebanyak 40 Siswa dengan hasil uji coba normal dan reliabel. Tehnik analisa data menggunakan statistik inferensial dan dilanjutkan dengan uji analisis statistik parametrik ( ANAVA) pada taraf 0,05. Perlakuan terhadap sampel dilakukan sebanyak 18 x pertemuan dengan pelaksanaan 3 (tiga) x seminggu. Sebelum perlakuan dilaksanakan tes awal (free tes) terhadap sampel, dan selanjutnya pada akhir perlakuan dilaksanakan tes akhir (post tes).Penelitian dilaksanakan di Lapangan Bola SD Negeri 10, sedangkan pelaksanaan uji coba, free tes, dan post tes dilakukan di FIK-UNP Air tawar. Hasil penelitian menunjukan 1). bahwa Pembelajaran Penjas melalui pendekatan melalui tugas dan pendekatan komando ternyata memang berbeda. 2). Peningkatan kemampuan motorik yang baik dalam Pembelajaran Penjas lebih baik Pendekatan melalui tugas dilakukan dari pada. 3). Dalam pembelajaran Penjas yang diberikan terhadap. Siswa Sekolah Dasar Kelas IV, V, dan VI (kelas tinggi) pendekatan melalui tugas akan meningkat dan lebih baik kemampuan motorik yang akan dicapai oleh siswa.4).Pembelajaran pendidikan jasmani yang diberikan terhadap Siswa Sekolah Dasar kelas tinggi melalui pendekatan komando akan meningkatkan kemampuan motorik siswa. Peningkatannya hanya sedikit kalau dibandingkan dengan peningkatan yang terjadi pada pendekatan yang dilakukan dengan metode melalui tugas

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:00
Last Modified: 26 Jul 2018 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15089

Actions (login required)

View Item View Item