Implementasi ISO 9001:2008 Sebagai Sarana Agar Warga Sekolah Siap Menghadapi Perubahan Paradigma Pendidikan (Educational Change) Sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMK

Giatman, Muhammad (2013) Implementasi ISO 9001:2008 Sebagai Sarana Agar Warga Sekolah Siap Menghadapi Perubahan Paradigma Pendidikan (Educational Change) Sesuai dengan Kurikulum 2013 di SMK. In: Seminar Nasional Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Vokasi dalam Perspektif Kurikulum 2013, 9 Nopember 2013, Padang.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Vokasi -2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kurikulum lama menjadi kurikulum baru merupakan hal yang wajar dan diperlukan dalam dunia pendidikan, karena kurikulum pendidikan perlu disesuaikan dengan tuntutan perkembangan sosial masyarakat dan Iptek itu sendiri. Perubahan yang mendasar dari kurikulum 2013 ditandai dengan perubahan paradigma tentang proses pembelajaran itu sendiri, yaitu dari teacher centered learning menuju student centered active learning, Perubahan budaya dan perilaku tidak semudah peningkatan pengatahuan dan keterampilan, sehingga tidak cukup hanya dilakukan melalui sosialisasi dan tiga hari pelatihan. Menurut M. Rogers (1987), hal terpenting dalam proses inovasi atau pembaharuan adalah proses difusi, yaitu proses implementasi dari inovasi itu sendiri. Penelitian tentang dampak dari implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 terhadap perubahan budaya kerja di SMK se-Sumatera Barat kiranya dapat dijadikan model untuk melihat kesiapan guru dan siswa dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. pada penelitian ini dideskripsikan pengaruh implementasi SMM ISO 9001:2008 terhadap perubahan perilaku organisasi, dengan variabel utama kepemimpinan sekolah, sistem manajerial, dan budaya kerja sekolah. Populasi penelitian adalah SMK Negeri se Sumatera Barat yang telah mengimplementasikan SMM ISO 9001:2008 minimal 3 tahun berjalan. Penentuan sampel dilakukan dengan metoda Purpose Cluster Sampling, dan terpilih 5 sekolah yaitu SMKN2 Padang, SMKN9 Padang, SMKN1 Bukittinggi, SMKN2 Payakumbuh, dan SMKN 1 Solok. Hipotesis dibuktikan, dengan statistic uji-t berpasangan guna melihat perubahan perilaku organisasi setelah SMM ISO diimplementasikan. Hasil analisis statistik membuktikan terdapatnya perubahan perilaku organisasi dalam aspek kepemimpinan, manajerial dan budaya kerja secara signifikan setelah sekolah mengimplementasikan SMM ISO, Artinya implementasi SMM ISO telah mampu merubah budaya kerja organisasi secara efektif dalam upaya peningkatan mutu berkelanjutan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 23 Jul 2018 08:24
Last Modified: 23 Jul 2018 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item