Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan di Kelas VIIIC SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Prasetyo, Harry (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan di Kelas VIIIC SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HARRY_PRASETYO_1202821_3174_2016.pdf] Text
B1_5_HARRY_PRASETYO_1202821_3174_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Meningkatkan kreativitas belajar
siswa dalam mata pelajaran keterampilan di kelas VIIIC SMP Pembangunan
Laboratorium UNP dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. 2)
Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan di kelas VIIIC
SMP Pembangunan Laboratorium UNP dengan menggunakan model
pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan
kelas (Class room action research). Metode dan alat pengumpul data pada
penelitian ini adalah format observasi kreativitas siswa, angket kreativitas siswa
dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian yang diperoleh dari pengolahan data menunjukkan
peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I didapatkan 57,34%
dengan kriteria kurang, setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadi
peningkatan kreativitas siswa menjadi 71,92% dengan kriteria sedang, selanjutnya
siklus III kreativitas siswa meningkat signifikan menjadi 84,77% dengan kriteria
tinggi, berdasarkan persentase tersebut maka kreativitas siswa yang mulanya
rendah sudah terjadi peningkatan dan begitu juga hasil belajar siswa juga
menunjukkan peningkatan hasil belajar keterampilan yang signifikan, hal ini dapat
terlihat dari rata-rata pra siklus 70,29 menjadi 78,63 pada siklus I, kemampuan
siswa terus menunjukan peningkatan pada siklus II dengan rata –rata 80,66 dan
meningkat pada siklus III dengan rata-rata 81,33. Berdasarkan hasil temuan
penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual
dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar keterampilan di kelas VIIIC di
SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:43
Last Modified: 03 Jul 2025 02:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item
View Item