Yulandari, Riri Tri (2019) Kontribusi Layanan Perpustakaan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika Jurusan Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIRI_TRI_YULANDARI_16065049_2729_2019.pdf [thumbnail of B1_5_RIRI_TRI_YULANDARI_16065049_2729_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIRI_TRI_YULANDARI_16065049_2729_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurang optimalnya hasil belajar pada mata diklat DLE siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan, dimana 51,42% siswa mendapatkan nilai hasi belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM ditetapkan oleh sekolah pada mata diklat Dasar Listrik dan Elektronika yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Penyebab kurang optimalnya hasil belajar siswa diduga karena kurang optimalnya pelayanan perpustakaan dan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan beasarnya layanan perpustakaan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata diklat DLE siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan Tahun ajaran 2018 / 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 35 orang siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan yang digunakan sebagai peserta. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat DLE SMKN 1 Koto XI Tarusan. Sedangkan data layanan perpustakaan dan motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik korelasi dengan bantuan software SPSS.20. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Layanan perpustakaan dan motivasi belajar secara bersama- sama memberikan kontribusi sebesar 25,70% terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan; (2) Layanan perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 69,55% terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan; (3) Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 16,32% terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 1 Koto XI Tarusan. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan perpustakaan dan motivasi belajar berkontribusi tehadap hasil belajar. Semakin optimal layanan perpustakaan dan semakin tinggi motivasi belajar, maka hasil belajar akan semakin optimal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAYANAN PERPUSTAKAAN, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 10:00 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 10:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14941 |