Yance, Rinta Doski (2013) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RINTA_DOSKI_YANCE_05061_763_2013.pdf [thumbnail of B1_5_RINTA_DOSKI_YANCE_05061_763_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RINTA_DOSKI_YANCE_05061_763_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Batipuh disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Kegiatan praktikum sebagai bagian terpenting dalam fisika sangat jarang di lakukan, hal ini sangat bertentangan dengan karakteristik fisika. Project Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Project Based Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Batipuh pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XI IPA di SMA N 1 yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling, di dapatkan dua kelas sebagai kelas sampel, kelas XIipa3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIipa1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembaran tes tertulis untuk ranah kognitif, pengamatan/observasi untuk ranah afektif, rubrik penskoran untuk ranah psikomotor, dan rubrik penskoran hasil proyek untuk kelas eksperimen. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji kesamaan dua rata-rata melalui uji t pada taraf nyata 0,05 untuk semua ranah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 80,2 sedangkan kelas kontrol 75,3. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,08 dan ttabel = 2,02 pada taraf nyata 0,05. Pada ranah afektif, nilai rata-rata perolehan skor kelas eksperimen adalah 13,4 sedangkan kelas kontrol 11,61. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,86 dan ttabel =2,02 pada taraf nyata 0,05. Pada ranah psikomotor, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,83 sedangkan kelas kontrol 74,91. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,92 dan ttabel = 2,02 pada taraf nyata 0,05. berarti thitung untuk semua ranah berada di luar daerah penerimaan Ho, maka untuk kesemua ranah Hi diterima. Oleh karena itu, hipotesis kerja yang berbunyi ” Terdapat Pengaruh yang berarti penerapan model pembelajaran Project Based Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Batipuh” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian Project Based Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Batipuh pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL), HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 09:32 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 09:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14931 |