Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Paket B di PKBM Gempita

Wulandari, Windi (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Paket B di PKBM Gempita. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_Windi_Wulandari_17005136_863_2022.pdf] Text
B1_4_Windi_Wulandari_17005136_863_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik program paket B di PKBM Gempita dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) terhadap prestasi belajar IPS peserta didik paket B di PKBM Gempita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain True Experimental, dengan bentuk Posttest-Only Control Goup Design. Penelitian ini dilakukan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial semester 1 2021 pada program paket B yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 25 orang dan kelas kontrol berjumlah 24 orang. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t, dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 80 sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah 69,58. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh dengan taraf signifikan α = 5% didapat Melalui kriteria uji jika maka Ho ditolak dan H1 diterima. 3,6455 > 2,01174, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah. Disarankan 1) Kepada pendidik agar dapat menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran, 2) Seorang pendidik harus memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menggunakan model dan strategi pembelajaran, 3) Kepada peneliti selanjutnya yang akan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menerapkannya pada pokok bahasan yang lain

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, prestasi belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 30 Jun 2025 09:32
Last Modified: 30 Jun 2025 09:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14929

Actions (login required)

View Item
View Item