Perubahan Paradigma Pendidikan: Peningkatan Layanan Profesional melalui Pembelajaran Autentik dan Asesmen Autentik

Festiyed, Festiyed (2016) Perubahan Paradigma Pendidikan: Peningkatan Layanan Profesional melalui Pembelajaran Autentik dan Asesmen Autentik. In: Seminar Nasional dan Forum Pimpinan Pascasarjana LPTK Negeri se Indonesia : Mewujudkan Sinergisitas LPTK dalam Mengembangkan Kemitraan Sumber Daya Pascasarjana LPTK di era MEA, 7-9 Oktober 2016, Gorontalo.

[img]
Preview
Text
Artikel Gorontalo 2016.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bertujuan mempersiapkan para individu siap hidup di dunia di mana masalah-masalah muncul jauh lebih cepat daripada jawaban masalah tersebut. Ketidakpastian dan ambiguitas dari perubahan dapat dihadapi secara terbuka, di mana setiap individu memiliki keterampilanketerampilan yang diperlukannya agar dapat hidup lebih nyaman dengan adanya perubahan daripada dengan adanya kepastian. Pembelajaran dan asesmen autentik adalah suatu cara untuk memfasilitasi peserta didik untuk berfikir kreatif, kritis, efektif dan inovatif. Melalui cara ini diharapkan lulusan mampu memberikan pelayanan yang profesional sebagai pendidik. Secara umum “Pelayanan Profesional Kegiatan Pembelajaran” dirancang melalui pembelajaran yang autentik dan dan asesmen yang autentik pula, untuk memberikan arahan pada guru pada saat melaksanakan proses pembelajaran di depan kelas. Guru diharapkan dapat menyediakan pengalaman belajar dan asesmen yang beragam baik mental, fisik dan sosial, sehingga pengetahuan, sikap dan ketrampilan berkembang seimbang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:01
Last Modified: 18 Jul 2018 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/14916

Actions (login required)

View Item View Item