Keterampilan Mahasiswa FIK UNP dalam Mengikuti Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) Pada Sekolah-Sekolah SMP dan SMA Sederajat di Sumatera Barat

Aziz, Ishak and Fardi, Adnan and Adi, Nelfia (2014) Keterampilan Mahasiswa FIK UNP dalam Mengikuti Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) Pada Sekolah-Sekolah SMP dan SMA Sederajat di Sumatera Barat. In: Prosiding Seminar dan Workshop Tenaga Keolahragaan 2014, November 2014, Jawa Barat.

[img]
Preview
Text
prosiding 2014 ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keterampilan mahasiswa FIK UNP dalam mengikuti pengalaman lapangan kependidikan di sekolah SMP dan SMA. Agar tujuan ini tercapai, maka ditentukan indikator yang menjadi pokok persoalan tercapainya keterampilan yang dituju. Keterampilan pembelajaran yang termasuk dalam kompetensi professional, yaitu bagaimana mahasiswa yang mengikuti PLK dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Untuk mencapai hal tersebut di atas, maka ditentukanlah tempat pelaksanaan dilaksanakan di sekolah-sekolah SMP dan SMA Kota Padang, Solok, Payakumbuh, Bukittinggi, Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Teknik penarikan sampel yaitu Stratifit Random Sampling. Sementara itu sumber data adalah para guru penjaskes yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah menjadi guru pamong. Selanjutnya teknik analisis data diggunakan perbedaan rata-rata. Dari hasil rekapitulasi yang dilakukan terhadap angket yang diterima dari guru pamong yaitu yang diedarkan sebanyak 138 examplar, sementara itu yang kembali sebanyak 135 examplar. Dua dikembalikan kosong dan tiga tidak mengisi lengkap. Dengan demikian yang dapat dianalisis sebanyak 131 examplar. Setelah dilakukan analisis data, maka hasil yaitu; untuk keterampilan mahasiswa merencanakan pembelajaran diperoleh skor rata-rata adalah sebesar 2,71. Selanjutnya keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 2,81. Berikutnya keterampilan mahasiswa dalam mengevaluasi pembelajaran didapat skor rata-rata sebesar 2,81. Demikian pula untuk keterampilan pembelajaran mahasiswa dalam PLK diperoleh skor rata-rata sebesar 2,78.sebesar 2,81. Demikian pula untuk keterampilan pembelajaran mahasiswa dalam PLK diperoleh skor rata-rata sebesar 2,78.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:35
Last Modified: 18 Jul 2018 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/14862

Actions (login required)

View Item View Item