Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar- Dasar Kelistrikan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Lintau Buo

Caliani, Rathita (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran Menerapkan Dasar- Dasar Kelistrikan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RATHITA_CALIANI_13755_945_2014.pdf] Text
B1_5_RATHITA_CALIANI_13755_945_2014.pdf

Download (569kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMK Negeri 1 Lintau Buo, masih banyaknya siswa kelas X Teknik Audio Video yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan yang ditetapkan sekolah yaitu 75 dengan rentangan 0 - 100. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Lintau Buo TA 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Pair Share yaitu 83,11 dengan peningkatan 24,67 sementara siswa kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 74,11 dengan peningkatan sebesar 16,94. Hasil hipotesis dengan menggunakan Microsoft Excel didapati bahwa t hitung 3,350 > t tabel 1,692, sehingga hipotesis alternative (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (H0). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING, THINK PAIR SHARE, PEMBELAJARAN LANGSUNG, KONTROL DAN EKSPERIMEN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:17
Last Modified: 24 Jun 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14561

Actions (login required)

View Item
View Item