Pengembangan Instrumen Kecerdasan Spasial sebagai Alat Ukur Kemampuan Awal Siswa: Aplikasi Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran

Anwar, Syafri (2016) Pengembangan Instrumen Kecerdasan Spasial sebagai Alat Ukur Kemampuan Awal Siswa: Aplikasi Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran. In: Prosiding Seminar Nasional Geografi: Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran dan Perencanaan Pembangunan, 19 November 2016, Padang.

[img]
Preview
Text
SYAFRIL ANWAR 18.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan menjelaskan bagaimana mengembangkan instrumen kecerdasan spasial untuk mengukur kemampuan awal peserta didik dalam pembelajaran Geografi. Melalui pengetahuan awal tentang kecerdasan spasial siswa para guru (khususnya guru-guru Geografi) akan mudah memilih dan menentukan metode, stategi, dan teknik pembelajarannya. Berkaitan dengan itu, langkah-langkah penyusunan instrumen yang ditawarkan berupa langkah sederhana antara lain menetapkan indikator kecerdasan spasial berdasarkan kajian teoretis, menetapkan item/ butir soal yang sesuai dengan indikator, membuat rubrik skor berdasarkan alternative jawaban. Sekurang-kurangnya ada empat kecerdasan spasial siswa yang berhubungan dengan pembelajaran Geografi di sekolah yaitu: (1) Kecerdasan spasial asosiasi, (2) Kecerdasan sosial interaksi, (3) Kecerdasan spasial diffusi, dan (4) Kecerdasan sosial perspektif. Keempat kecerdasan sosial ini perlu ditanamkan ke dalam pikiran siswa karena akan sangat membantu ketika mereka harus memahami berbagai gejala dan peristiwa yang ada di muka bumi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:13
Last Modified: 23 Apr 2018 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item