Pemanfaatan Teknologi Informasi Geopasial: Pemetaan Potensi Nagari dalam Perencanaan Pembangunan Wilayah Pedesaan (Studi Khasus Nagari Simarosok Kecamatan Baso Kabupaten Agam)

Syarief, Azhari (2016) Pemanfaatan Teknologi Informasi Geopasial: Pemetaan Potensi Nagari dalam Perencanaan Pembangunan Wilayah Pedesaan (Studi Khasus Nagari Simarosok Kecamatan Baso Kabupaten Agam). In: Prosiding Seminar Nasional Geografi: Kecerdasan Spasial dalam Pembelajaran dan Perencanaan Pembangunan, 19 November 2016, Padang.

[img]
Preview
Text
AZHARI SYARIEF 18.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Informasi Geospasial (UU IG) bertujuan untuk menjamin ketersediaan dan akses IG yang dapat dipertanggungjawabkan serta mewujudkan kebergunaan dan keberhasilgunaan IG melalui kerjasama, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi. Undang-Undang ini mendorong penggunaan IG dalam pemerintahan dan kehidupan bermasyarakat dengan menggunakan referensi tunggal (single reference) yang mencakup Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan Informasi Geospasial Tematik (IGT). Pemetaan partsipatif adalah publik bersama-sama atau terlibat dalam proses pengumpulan data dan analisis terkait problem dan isu di sekitar mereka melalui identifikasi dan penggambaran fitur geospasial dengan menggunakan piranti dan teknologi pemetaan. Pemetaan partisipatif semakin memberi ruang yang lebar terhadap komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat, dan juga antarpemangku kepentingan pada daerah pengembangan. Pemetaan partisipatif adalah pemetaan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat mengenai tempat / wilayah di mana mereka hidup. Tujuan dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam ini adalah sebagai pembuatan peta partisipatif Nagari Simarasok yang dijadikan sebagai dasar penataan ruang berdasarkan potensi yang ada. Masyarakat Nagari Simarasok dapat berperan serta dalam proses perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah desanya berdasarkan potensi yang ada. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah (a) Penggunaan data citra penginderaan jauh resolusi tinggi dapat menginventarisasi tutupan dan penggunaan lahan wilayah Nagari/Desa. (b) membantu masyarakat terlibat aktif dalam menyusun rencana tata ruang berbasis desa secara partisipatif. (c) memudahkan perangkat Nagari melakukan pembaharuan data wilayah dengan menggunakan teknologi geospasial yang berbasis komputer

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 23 Apr 2018 01:09
Last Modified: 23 Apr 2018 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item