Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera.

Herlina, Tuti (2022) Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TUTI_HERLINA _19174044_1551_2022.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan mendeskripsikan pengaruh metode Contextual Teaching and Learning dan metode pembelajaran konvensional yangmemiliki motivasi tinggi dan rendah, dan mendeskripsikan interaksi antara metode pembelajaranContextual Teaching and Learning dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakanmetode eksperimen semu dengan desain faktorial ataufactorial design (2x2) dan instrumen pengumpul data adalah angket motivasi belajar dan tes keterampilan menulis teks puisi. Serta analisis data dilakukan secara deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa X SMAN 1 Sutera yang berjumlah 159 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampiling, yaitu siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran CTL dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 orang yang diajarkan denganmetode pembelajarankonvensional. Hasil penelitian sebagai berikut ini. Kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan metode CTL lebih baik daripada kelas control yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil th>ttmaka H0ditolak dan H1diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode CTL terhadap kemapuan menulis teks puisi siswa. Kemampuan menulis teks puisi siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi yang dibelajarkan denganmetode CTL lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan metode CTL. Hal ini dilihat dari hasil th>ttmakaH0ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode CTL terhadap kemapuan menulis teks puisi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Kemampuan menulis teks puisi siswa yang memiliki motivasi rendah yang dibelajarkan denganmetode CTL lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil th>ttmaka H0 ditolak dan H1diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode CTL terhadap kemapuan menulis teks puisi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Tidak terdapat interaksi antara metode CTL dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis teks puisi siswa. Hal ini dilihat dari hasil Fh˂Ft maka hipotesis ditolak. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode CTL dan motivasi belajar tidak mempengaruhi kemampuan menulis teks puisi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, MOTIVASI BELAJAR,KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Sep 2022 01:01
Last Modified: 13 Sep 2022 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item