Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak-kanak di Kota Padang

Suryana, Dadan and Elina, Elina and Nurevi, Nurevi and Ratnawilis, Ratnawilis (2015) Model Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Technical Report. PG-PAUD FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak usia dini sebagai peletak dasar perkembangan menuju tahap berikutnya. Aspek perkembangan anak usia dini mencakup pembentukan nilai-nilai agama dan moral, kognitif, bahasa, fisik motorik dan sosial emosional serta kemandirian. Perkembangan kurikulum di Indonesia mendorong peyempurnaan terhadap proses pembelajaran, salahsatu proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini adalah mealui proses pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Pembelajaran saintifik adalah upaya pencapaian tujuan pembelajaran melalui aktivitas anak. Anak diharapkan berkembang kemampuan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan proses pembelajaran yang dialami oleh anak sebagai upaya discovery learning. Saat ini pembelajaran berbasis pendekatan saintifik belum diterapkan di Taman Kanak-kanak, maka dari itu perlu adanya model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi para guru dalam menggali kemampuan anak dan mengembangkan kemampuan dan setiap potensi anak. Kemampuan anak diharapkan akan berkembang dengan baik mellaui kegiatan pembelajaran yang memberikan stimulasi terhadap potensi-potensi yang dimiliki oleh anak usia dini. Metode penelitian menggunakan research and development dari Borg & Gall dengan sepuluh langkah pengembangan.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:05
Last Modified: 21 Nov 2017 12:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item