Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Keterampilan di Kelas X 1 MA Shine Al-Falah

Afrina A, Helti (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Keterampilan di Kelas X 1 MA Shine Al-Falah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_HELTI_AFRINA_A_1192_1301064_2018.pdf] Text
B1_05_HELTI_AFRINA_A_1192_1301064_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 1 MA Shine Al-Falah Padang dalam pembelajaran keterampilan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas.Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga tahapan:
Perencanaan, tindakan / observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil
belajar siswa digunakan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa observasi guru pada tahap pelaksanaan model Project Based Learning mengalami peningkatan pada siklus I dengan perolehan 72,9 % menjadi 75.2% pada siklus II dengan keterangan sangat baik. Hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan perolehan 75% menjadi 81 % pada siklus II dengan keterangan sangat
baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Project Based Learning dalam materi keterampilan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di atas kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut dibuktikan pada siklus I nilai ratarata hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan yaitu 73.5 sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata siswa
yaitu 82.5 , sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang. Jika dilihat dari nilai rata-rata maka dengan nilai 82.5 hal ini sudah mencapai batas KKM.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:02
Last Modified: 16 Jun 2025 02:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item
View Item