Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Padang

Fajri, Kurnia (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_KURNIA_FAJRI_1106064_2428_2016.pdf] Text
B1_5_KURNIA_FAJRI_1106064_2428_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas VII di SMPN 10 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII SMPN 10 Padang yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2015 / 2016 yang berjumlah 265 orang. Teknik penarikan sampel adalah purpossive sampling dengan melihat rata-rata dari total populasi, kelas eksperimen berjumlah 31 orang dan kelas kontrol 31 orang. Instrument penelitian ini berupa pre test, post test dan lembar observasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif yaitu uji normalitas, uji homogen, variasi dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 74,06 dan kelas kontrol 65,80. Dari hasil uji hipotesis di peroleh t hit 4,10 dan t tab 1,96 dengan α 0,05. Jadi t hit > t tab maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar seni rupa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model creative problem solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas yang menerapkan creative problem solving (CPS) lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model konvensional. Hal ini, karena model creative problem solving (CPS) lebih mendalam penguasaan peserta didik terhadap materi pembelajaran dan berfikir ilmiah untuk menjelaskan suatu permasalahan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Abu. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia: Bandung Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Afriwanto. 2011: Pengajaran Budaya Berbantuan Komputer. Jurnal: Unri Darkir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Rineka Cipta: Jakarta. Depdiknas. 2007. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh / Model Silabus. Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen Diknas. Djamarah, Saiful Bahri. 1997. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional: Surabaya Indonesia. Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif. Bhineka Cipta: Jakarta. Hudoyo, Herman. 1998. Belajar Matematika. P2LPTK: Jakarta. Hamalik. 2008. Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru Algisindo: Bandung. http://edukasi kompasiana.com.pengertian kurikulum lengkap/D:download tanggal 10 Agustus 2015. Irianto, Agus. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Moedjiono, Moh. Dimyati. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan: Jakarta. Moedjiono, Moh. Dimyati. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan: Jakarta. Moedjono, Hasibuan. 2009. Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosda Karya: Bandung. Mulyasa. 2007. Proses Mengajar Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta Moh. Usman. 2002. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya: Bandung. 52 Nasution. 2000. Proses Mengajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta ___________. 1989. Nilai Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya: Bandung. Parker. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Trausia: Bandung. Pepkin, KL. 2004. Creative Problem Solving in Match. Terdapat di: http://mathematictransdigit.com/mathematicjurnal (Februari, 2015). Prayitno, 1993. Teknik Bimbingan dan Penyuluhan Dasar Pengungkapan Masalah. Proyel PMT IKIP Padang: Padang. Prayito, Edi. 2003. Pedoman Pengembangan Sistim Nilai. UNY: Yogyakarta. Ronal, Jimi. 2009. Peningkatan Keaktivan Dan Sikap Mandiri Belajar Melalui Model Question Student True. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: UNP Sugala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung. Suryosubroto. 1997. Konsep dan Metoda Pembelajaran. Bumi Aksara. Suryaosa. 2000. Metoda Statistika. Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung :Transito Slameto. 2004. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Soedjana. 2002. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung. Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung. Suryabrata, Sumadi. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo. Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Tim Abadi Guru. (2007). Seni Budaya. Demak: Erlangga. Tukiran, Taniredja. 2013. Model – model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung Alfabeta. 53 Yenti, Riza. 2009. Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Problem Solving Dengan Kreative Problem Solving. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: UNP. Wisdiarman, 2007. Pengaruh Strategi Pembelajaran Diskoveri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk. (tesis). Padang: Program Pasca Sarjana UNP Padang.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2025 05:18
Last Modified: 12 Jun 2025 05:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13703

Actions (login required)

View Item
View Item