Pengaruh Penerapan Permainan Teka-teki Silang dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Febrina, Minda (2012) Pengaruh Penerapan Permainan Teka-teki Silang dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MINDA_FEBRINA_84031_1148_2012.pdf] Text
B1_4_MINDA_FEBRINA_84031_1148_2012.pdf

Download (955kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari terlihatnya permasalahan dalam proses pembelajaran Biologi di sekolah. Beberapa diantaranya yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa, model pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi serta pembelajaran bersifat teacher center. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diberikan variasi dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu penerapan permainan teka-teki silang dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan teka-teki silang dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan pengundian didapatkan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hipotesis diterima jika thitung > ttabel.
Berdasarkan analisis data hasil tes akhir, hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen 76,91 sedangkan kelas kontrol 72,78. Setelah data dianalisis didapatkan thitung (1,79) > ttabel (1,66), yang berarti hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan teka-teki silang dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:19
Last Modified: 10 Jun 2025 02:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13413

Actions (login required)

View Item
View Item