Kontribusi Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Digital Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 5 Padang

Dewi, Afri Ola (2014) Kontribusi Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Digital Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video (TAV) SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AFRI_OLA_DEWI_18664_4555_2014.pdf] Text
B1_5_AFRI_OLA_DEWI_18664_4555_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum maksimalnya hasil belajar mata pelajaran tekni digital pada semester ganjil 2013/2014, dimana 31,43% mendapat nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar. Populasi penelitian ini berjumlah 71 orang, responden uji coba 29 orang dan sampel berjumlah 41 orang siswa kelas X TAV di SMK N Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara undian (Simple Random Sampling). Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran tekni digital. Sedangkan data kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TAV SMK N 5 Padang sebesar 98,6%, (2) Kompetensi kepribadian guru berkontribusi efektif sebesar 97,8% dan berkontribusi relatif sebesar 99,2% terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran teknik digital di SMKN 5 Padang (3) Motivasi belajar siswa berkontribusi efektif sebesar 0,8% dan berkontribusi relatif sebesar 0,8% terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran teknik digital di SMKN 5 Padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TAV di SMK N 5 Padang, semakin meningkat kompetensi kepribadian guru dan semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:17
Last Modified: 03 Jun 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item
View Item