Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya

Mukhaiyar, Riki and Mukhaiyar, Mukhaiyar (2016) Studi Kajian Pengreorganisasian Kurikulum Prodi-Prodi di Jurusan Teknik Elektro UNP sebagai Acuan Kebijakan bagi Universitas LPTK Lainnya. In: Prosiding Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia: Arah Kebijakan Pendidikan Guru di Indonesia, 12-15 Oktober 2016, Jakarta.

[img]
Preview
Text
UNP_FT_Riki Mukhaiyar_Paper-1.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, setiap program studi di Jurusan Teknik Elektro - UNP memiliki kurikulumnya sendiri. Sehingga tanggung jawab pengelolaan, pengembangan, dan pembaharuan, akan menjadi tanggung jawab ka.prodi sebagai pimpinan programstudi dibantu oleh dewan dosen program studi yang bersangkutan. Mengacu dari kenyataan yang dilihat di lapangan,maka sering kali ada ketimpangan standar dan kebutuhan kurikulum yang dibuat, disediakan, dan digunakan di prodiproditersebut. Sebagai contoh, Pada mata kuliah Rangkaian Listrik 1 dan 2 untuk prodi D3 dan D4, dimana merupakan mata kuliah keahlian dasar bagi Setiap mahasiswa teknik elektro, mesti diampu oleh dosen sama, keterpahaman mahasiswa masing-masing prodi akan mata kuliah ini berbeda jauh. Asumsi awal, hal ini terjadi karena adanya pemahaman yang salah dari dosen pengampu akan perbedaan makna level jenjang pendidikan, dengan perbedaan kebutuhan antara mata kuliah keahlian dan dengan mata kuliah keahlian penjurusan. Sehingga materi yang diberikan kepada mahasiswa D3 jauh di bawah mahasiswa D4. Begitu juga dengan komparasi antara mahasiswa D4 dan S1 pendidikan. Asumsi awal, tim dosen masing-masing prodi terlampau terdekotomi terhadap kategori kelulusan teknik elektro terapan yang harus kerja di industri, dan pendidikan teknik elektro yang harus jadi guru. Padahal untuk mata kuliah rangkaian listrik, pengetahuan yang harus dibagikan dan disampaikan kepada mahasiswa adalah materi keilmuan yang sama. Karena mata kuliah tersebut adalah mata kuliah pengetahuan dasar teknik elektro. Oleh karena itulah, sangat penting dilakukan untuk menyatukan persepsi dan sudut pandang jurusan teknik elektro – UNP beserta dewan dosen akan kurikulum yang ideal bagi sebuah jurusan dari institusi pendidikan dengan asal pembentukan seperti UNP. Paper ini merupakan ilustrasi awal dari suatu penelitian yang bertujuan meng-re-organisasi kurikulum prodi-prodi di jurusan Teknik Elektro UNP menjadi suatu sistem kurikulum yang komprehensif diskrit dan bisa diimplimentasikan pada institusi LPTK lainnya

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:44
Last Modified: 12 Sep 2018 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/12751

Actions (login required)

View Item View Item