Marlina, Marlina (2014) Keterampilan Sosial Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Inklusif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5 (1). pp. 9-21. ISSN 1978-5461
|
Text
2014 Artikel di Jurnal Penelitian Pendidikan 2 ok.pdf Download (749kB) | Preview |
Abstract
Fungsi-fungsi sosial pada anak berkesulitan belajar menunjukkan bahwa mereka bermasalah dalam memiliki kelompok teman sebaya, diisolasi oleh teman sebaya, bermasalah dengan keterampilan sosial, dan sebagian besar mereka memiliki status sosial yang lebih rendah di antara teman sebayanya di sekolah dasar inklusif. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas peer mediated intervention (PMI) untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak berkesulitan belajar di sekolah dasar inklusif. Penelitian ini menggunakan single subject design dengan model multiple baseline across subject. Lima (5) anak berkesulitan belajar sebagai anak target. Lima (5) peer mediator dipilih dan dilatih untuk menerapkan PMI dalam pelajaran bahasa Indonesia (membaca ulang). Hasil penelitian menunjukkan PMI efektif meningkatkan keterampilan sosial yaitu pada anak target TS rerata baseline 4,73 meningkat menjadi 9,33; anak target KY rerata baseline 4,07 meningkat menjadi 9,05; anak target HL rerata baseline 3,88 meningkat menjadi 8,12; anak target RA rerata baseline 3,36 meningkat menjadi 7,81; dan anak target KA rerata baseline 3,14 meningkat menjadi 7,5. PMI juga efektif mengurangi frekuensi kesalahan membaca anak target pada fase baseline sebesar 7,49 menurun menjadi 4,11 selama intervensi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 08:07 |
Last Modified: | 18 Apr 2018 01:51 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/12695 |
Actions (login required)
View Item |