Studi Motivasi dan Satus Gizi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa di SMP Negeri 4 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Halfindo, Halfindo (2020) Studi Motivasi dan Satus Gizi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa di SMP Negeri 4 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HALFINDO_15086187_2047_2021.pdf] Text
B1_01_HALFINDO_15086187_2047_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dari rendahnya hasil
belajar siswa dengan mengukur motivasi dan status gizi siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 4 Sungai Limau.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan data
primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah
Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Limau yang berjumlah 116 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proporsional random
sampling yaitu 35%. Maka didapatlah jumlah sampel sebanyak 41 orang. Untuk
menentukan status gizi siswa menggunakan rumus IMT = BB/TB
dan untuk
menentukan motivasi belajar menggunakan angket dan untuk teknik analisis data
yaitu analisis deskriptif P = f/n x 100%
Hasil analisis kesegaran status gizi siswa Sekolah Menengah Pertama
Negeri 4 Sungai Limau menunjukkan bahwa dari jumlah frekuensi dengan hasil
klasifikasi “Kurus”. Sedangkan motivasi belajar dalam mengikuti mata pelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa Sekolah Menengah Pertama
Negeri 4 Sungai Limau dalam penelitian ini dari 41 orang sampel maka diperoleh
hasil “Baik”.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 19 May 2025 04:53
Last Modified: 19 May 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11281

Actions (login required)

View Item
View Item