Kepercayaan Diri Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) Dalam Belajar dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling: Studi Deskriptif Terhadap Siswa di SMP Negeri 22 Padang

Amri, Ulyl and Alizamar, Alizamar and Sano, Afrizal (2017) Kepercayaan Diri Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) Dalam Belajar dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling: Studi Deskriptif Terhadap Siswa di SMP Negeri 22 Padang. In: Proceedings International Counseling and Education Seminar: The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era, 16 Oktober 2017, Padang.

[img]
Preview
Text
ULYL AMRI-ALIZAMAR-AFRIZAL-SANO.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri sangat penting dimiliki siswa untuk membantunya dalam meraih prestasi dalam belajar. Rasa percaya diri siswa yang rendah akan menghambat dalam meraih prestasi di sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa BSM yang memiliki kepercayaan diri rendah, seperti adanya siswa penerima BSM merasa ragu dengan kemampuan yang dimilikinya, tidak yakin dengan keterampilan yang dimilikinya, siswa merasa pesimis dengan pendapat sendiri ketika belajar, siswa penerima BSM merasa canggung berada dalam kelompok belajar dengan teman sebaya, siswa merasa takut maju ke depan kelas untuk berpendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kepercayaan diri siswa penerima BSM dalam belajar dilihat dari aspek keyakinan kemampuan diri, optmis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis.Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) aspek keyakinan kemampuan diri tergolong tinggi, (2) aspek optimis tergolong cukup tinggi, (3) aspek objektif tergolong tinggi, (4) aspek bertanggung jawab tergolong cukup tinggi, dan (5) aspek rasional dan realistis tergolong cukup tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:26
Last Modified: 21 Nov 2017 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item