Penggunaan Konseling Kreatif dalam Bingkai Kognitif Perilaku untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa

Iskandar, Arief Hakim (2017) Penggunaan Konseling Kreatif dalam Bingkai Kognitif Perilaku untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. In: Proceedings International Counseling and Education Seminar: The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era, 16 Oktober 2017, Padang.

[img]
Preview
Text
ARIEF HAKIM ISKANDAR.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Kejenuhan belajar yang dialami siswa di sekolah menunjukkan dampak negative yang mengkhawatirkan bagi siswa yang terkena sindrom kejenuhan belajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji penggunanaan konseling kreatif dalam bingkai kognitif perilaku untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa. Menurut kajian psikologis banyak pendekatan konseling yang dapat digunakan dalam membantu siswa yang berpotensi mengalami kejenuhan belajar. Salah satunya adalah pendekatan Konseling Modifikasi Kognitif-Perilaku yang dikembangkan oleh Meichenbaum. Pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku berasumsi bahwa terjadinya perilaku menyimpang disebabkan oleh cara berpikir yang mal adaptif. Modifikasi kognitif perilaku lebih menekankan pada konseling membelajar kandiri sendiri yang menolong siswa menjadi sadar akan kata-kata yang diarahkan pada dirinya sendiri. Proses konselingnya terdiri atas melatih siswa memodifikasi pembelajaran yang diberikan kepada dirinya sendiri, sehingga mereka bisa menangani secara lebih efektif masalah yang mereka hadapi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Nov 2017 01:15
Last Modified: 21 Nov 2017 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/11158

Actions (login required)

View Item View Item