Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar

Bakhtiar, Syahrial (2014) Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (2). pp. 127-133. ISSN 0215-9643, 2442-8655

[img]
Preview
Text
4608-2540-1-PB.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view...

Abstract

Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan strategi pembelajaran dan lokasi sekolah siswa berikut interaksinya terhadap kemampuan gerak dasar. Subjek eksperimen adalah seluruh siswa SD kota Padang yang dipilih dengan multi stage random sampling dan menggunakan rancangan fak-torial 2x2. Data dikumpulkan dengan tes TGMD-2 dan dianalisis dengan ANAVA dua jalur. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan gerak dasar siswa yang diberi perlakuan Strategi Pembelajaran Rangkaian Permainan (SPRP) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Konvensional (SPK). Kemampuan gerak dasar siswa sekolah di kota lebih baik daripada di pinggiran kota. Terdapat interaksi pengaruh strategi pembelajaran dan lokasi sekolah terhadap kemampuan gerak dasar siswa. Kemampuan gerak dasar siswa di kota dan diberi SPRP lebih tinggi daripada siswa dengan SPK. Kemampuan gerak dasar siswa pinggiran kota dan diberi SPRP lebih rendah daripada siswa dengan SPK. Kata kunci: strategi pembelajaran, pendidikan jasmani, kemampuan gerak dasar

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mr. Syukhri S.T., M.CIO.
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:55
Last Modified: 14 Dec 2015 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item