Harmawita, Yelia (2016) Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_YELIA_HARMAWITA_16151_1236_2016.pdf [thumbnail of B1_2_YELIA_HARMAWITA_16151_1236_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_YELIA_HARMAWITA_16151_1236_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Dengan dilaksanakannya kurikulum 2013 di SMAN 1 Padang, hendaknya guru telah melaksanakan penilaian yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 guru harus memahami dan melaksanakan penilaian sesuai dengan tiga ranah penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di SMAN 1 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi terhadap RPP dan format penilaian yang dibuat oleh guru-guru sejarah. Sedangkan teknik analisa data yang dilakukan terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam peneltian ini adalah guru sejarah, kepala sekolah, wakil kurikulum, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian pembelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di SMAN 1 Padang belum sepenuhnya mengacu kepada penilaian kurikulum 2013 yang telah ditetapkan oleh PERMENDIKBUD No. 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan menengah. Guru telah mencoba melaksanakan teknik-teknik penilaian sesuai dengan kurikulum 2013, namun kenyataannya, dalam melaksanakan penilaian tersebut guru masih mengalami beberapa kendala, seperti banyaknya jam mengajar dan banyaknya penilaian yang harus diisi, sehingga tidak semua teknik penilaian yang terlaksana oleh guru di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disini penulis menyarankan agar pihak sekolah dan guru mata pelajaran sejarah lebih mempermudah penilaian didalam kelas, tetapi tetap sesuai dengan tuntutan penilaian kurikulum 2013 dan pihak sekolah juga bisa lebih meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013 |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 09 May 2025 06:54 |
Last Modified: | 09 May 2025 06:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10455 |