Partisipasi Mahasiswa dalam Sekolah Mapres: Studi Kasus Mahasiswa FIS UNP

Sukrini, Alfi (2015) Partisipasi Mahasiswa dalam Sekolah Mapres: Studi Kasus Mahasiswa FIS UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ALFI_SUKRINI_1106637_4804_2015.pdf] Text
B1_4_ALFI_SUKRINI_1106637_4804_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Sekolah Mapres yang diselenggarakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Sekolah Mapres merupakan sebuah rangkaian kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh BEM yang bekerjasama dengan panitia Gerakan Bidikmisi dalam rangka mempersiapkan mahasiswa berprestasi tingkat Fakultas Ilmu Sosial. Berdasarkan data yang penulis dapatkan ditemukan bahwa partisipasi mahasiswa FIS untuk mengikuti Sekolah Mapres rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi mahasiswa dalam Sekolah Mapres. Penelitian ini dianalisis dengan Teori Aksi oleh Talcott Parsons. Teori ini menyatakan bahwa individu melakukan suatu tindakan berdasarkan pengalaman, persepsi, pemahaman dan penafsiran pada suatu objek tertentu. Tindakan individu itu merupakan tindakan sosial yang rasional yaitu mencapai tujuan atau sasaran dengan sarana yang paling tepat. Parsons menyusun skema unit dasar tindakan sosial dengan karakteristik sebagai berikut: Adanya individu selaku aktor. Aktor dipandang sebagai pemburu tujuan-tujuan tertentu. Aktor mempunyai alternatif cara atau alat serta teknik untuk mencapaitujuan.Aktor berhadapan dengan sejumlah kondisisituasional yang dapat membatasi tindakannya dalam mencapai tujuan. Aktor berada di bawah kendali nilai-nilai dan norma-norma yang mempengaruhinya dalam memilih dan menentukan tujuan. Aktormempunyaitindakanalternatifuntuk mencapaitujuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan informan secara purposive sampling sebanyak 49 orang mahasiswa, 5 orang dosen dan 1 orang Kabag Kemahasiswaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi, dianalisis memakai interactive model yang dipopulerkan oleh Miles dan Huberman (reduction, display dan conclusion/verification). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor yang menyebabkan partisipasi mahasiswa rendah terdiri dari faktor internal yaitu (1) Buang Waktu, (2). Tidak ada orang dalam, (3). Cuek dengan informasi kampus, (4). Kupu-kupu dan (5). Pulang kampung. Faktor eksternalterdiri dari (1). Teman sebaya (2) Kuliah sambil bekerja, (3). Tidak adanya keharusan dan sanksi dari pihak fakultas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Sekolah Mapres
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 08 May 2025 09:32
Last Modified: 08 May 2025 09:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10410

Actions (login required)

View Item
View Item