Rahayu, Ajeng Sri (2014) Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran pada Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_AJENG_SRI_RAHAYU_87992_247_2014.pdf [thumbnail of B1_4_AJENG_SRI_RAHAYU_87992_247_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_AJENG_SRI_RAHAYU_87992_247_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar (BKB) Nurul Fikri Kota Padang dalam proses pembelajaran para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran pada Lembaga BKB Nurul Fikri Kota Padang yang meliputi komponen tentang tujuan pembelajaran, bahan belajar, metode belajar, sumber belajar dan evaluasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik berjumlah 300 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik stratified random sampling yaitu dimana sampel diambil berdasarkan tingkat pendidikan sebanyak 10%, adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan analisis data menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran pada aspek tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dikategorikan sangat baik, bahan pelajaran mudah dipahami oleh peserta didik dikategorikan sangat baik, pada aspek medote belajar dikategorikan sangat baik, pada aspek sumber belajar dikategorikan baik, dan pelaksanaan pembelajaran pada aspek evaluasi belajar dikategorikan sangat baik. Untuk itu penulis menyampaikan beberapa saran yaitu pihak kepada pengelola agar lebih menganalisa lagi tujuan pembelajaran, materi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pendidik lebih dapat memvariasikan lagi teknik dan metode pembelajaran agar materi lebih mudah dipahami oleh peserta didik, pendidik untuk lebih meningkatkan lagi performancenya sebagai sumber belajar sehingga suasana belajar lebih akrab lagi, dan evaluasi pembelajarannya, pengelola di dalam pelaksanaan pembelajaran pada harus memperhatikan aspek pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran bisa berjalan terus dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Lembaga Bimbingan, Konsultasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:12 |
Last Modified: | 08 May 2025 07:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10371 |