Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi di MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Aisyah, Siti (2017) Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sosiologi di MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SITI_AISYAH_1201800_1465_2017.pdf] Text
B1_04_SITI_AISYAH_1201800_1465_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada mata pelajaran Sosiologi di MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat perolehan rata-rata nilai semester siswa dari tahun ajaran 2011/2012 sampai tahun ajaran 2013/2014 berada pada tingkat terakhir dibandingkan dengan mata pelajaran IPS lainnya. Namun, perolehan rata-rata nilai semester siswa pada tahun ajaran 2015/2016 menempati rangking pertama, yang pada tahun itu siswanya merupakan siswa yang kelas XI pada tahun ajaran 2016/2017 saat ini. Sehingga peneliti tertarik untuk melihat bagaimana usaha yang telah dilakukan guru Sosiologi untuk meningkatkan motivasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori belajar Behavioristik yang dikemukakan oleh Edward L.Thorndike dan EdwinGuthrie. Asumsi dasar dari Teori ini bahwa belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan penelitian adalah 36 orang yaitu guru dan siswa MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari Matthew B Miles dan A. Michael Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Adapun usaha yang telah dilakukan guru Sosiologi untuk meningkatkan motivasi belajar Sosiologi siswa adalah (a) Memvariasikan metode pembelajaran, (b) Melakukan pendekatan individual, (c) Menggunakan media pembelajaran yang menarik, (d) Pembelajaran autentik di luar kelas, (e) Memberikan sumber belajar, (f) evaluasi pembelajaran. Ketercapaian motivasi belajar pada mata pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI IPS di MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan nilai semester siswa. Temuan dilapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar pada mata pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI IPS di MAN Kinali Kabupaten Pasaman Barat sudah dapat ditingkatkan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Mata Pelajaran Sosiologi, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 08 May 2025 07:07
Last Modified: 08 May 2025 07:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item
View Item