Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok

Alfajar, Adam (2016) Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ADAM_ALFAJAR_16158_1121_2016.pdf] Text
B1_2_ADAM_ALFAJAR_16158_1121_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada pelaksanaan penilaian sikap spiritual, dan
sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan (KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4) guru
kesulitan dalam melaksankan penilaian dilihat dari perencanaan, pengembangan
instrument penilaian, pembuatan indicator penilaian serta pemberian skor penilaian.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan guru dalam melaksanakan
penilaian hasil pembelajaran sejarah kurikulum 2013.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data adalah observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Data yang
dikumpulkan berupa studi dokumen yaitu RPP guru dan instrument/alat penilaian
serta wawancara dengan guru sejarah di SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok. Informan
penelitian adalah guru mata pelajaran sejarah berjumlah 3 orang dan pesertadidik di
SMAN 1 Junjung Sirih Kab. Solok.
Hasil penelitian ini adalah perencanaan penilaian kurikulum 2013 yang
terjadi pada mata pelajaran sejarah belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan
pemerintah yang telah diterbitkan, yaitu melakukan perencanaan instrumen penilaian
sikap, pengetahuan dan keterampilan. Guru mengalami kesulitan dengan perencanaan
dan pelaksanaan penilaian, yaitu pada penilaian sikap dilaksanakan penilaian
observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, dan jurnal. Penilaian pengetahuan
dilaksanakan dengan mengadakan tes lisan, tes tertulis dan penugasan, sedangkan
penilaian keterampilan dilaksanakan dengan penilaian portofolio. Guru belum mampu
mengembangkan instrumen penilaian, pembutan indikator penilaian, serta
menentukan rentangan skor penilaian. Kesulitan yang dihadapi pada pelaksanaan
penilaian kurikulum 2013 yang terjadi berdasarkan pembelajaran sejarah guru belum
menunjukan sebuah penilaian yang objektif, sesuai dengan proses yang berkelanjutan
dan hasil yang akurat, hal ini ditinjau dari RPP dan instrumen/alat penilaian.
Kesulitan yang terjadi tersebut telah didiskusikan dengan pihak yang terkait dan telah
membuahkan rumusan upaya untuk mengatasi kesulitan penilaian kurikulum 2013
yang terjadi pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 junjung Sirih Kabupaten
Solok.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan guru
dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran sejrah berdasarkan Kurikulum
2013 di SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kab. Solok belum terlaksana sepenuhnya
sebagaimana telah ditetapkan oleh PERMENDIKBUD 104 Tahun 2014 tentang
penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan menengah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 08 May 2025 06:57
Last Modified: 08 May 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item
View Item