Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Pengelompokan Kata Berbantuan Media Gambar di Kelas V SDN 10 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman.

Rahmil, Rikal (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Pengelompokan Kata Berbantuan Media Gambar di Kelas V SDN 10 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIKAL_RAHMIL_14124079_1335_2017.pdf] Text
B1_01_RIKAL_RAHMIL_14124079_1335_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam menulis puisi di kelas V SDN 10 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik pengelompokan kata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneltian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimulai pada bulan 19 April sampai dengan 30 April 2016. Penelitian ini berlokasi di SDN 10 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman dengan subjek penelitian peserta didik kelas V yang berjumlah 31 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes. Keefektifan tindakan pada setiap siklus dari hasil observasi dan tes dideskripsikan kemudian direfleksikan untuk melakukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis puisi yang diamati sesuai dengan karateristik puisi yaitu: kesesuaian isi dengan tema, diksi, dan rima. Peningkatan keterampilan puisi siklus I pada penilaian aspek kesesuaian isi dengan tema dengan nilai rata-rata 71,77% pada siklus II menjadi 86,28% peningkatan sebesar 14,51%. Peningkatan keterampilan menulis puisi siklus I pada aspek penilaian diksi dengan nilai rata-rata 51,20% pada siklus II menjadi 85,48% peningkatan sebesar 34,28%. peningkatan keterampilan menulis puisi siklus I pada aspek penilaian rima dengan nilai rata-rata 69,35% pada siklus II menjadi 84,67 peningkatan sebesar 15,32%. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik pengelompokan kata berbantuan media gambar pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis puisi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Menulis Puisi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 May 2025 05:46
Last Modified: 08 May 2025 05:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item
View Item