Septiani, Vina (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Learning Community melalui Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_VINA_SEPTIANI_14031036_1113_2018.pdf [thumbnail of B1_04_VINA_SEPTIANI_14031036_1113_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_VINA_SEPTIANI_14031036_1113_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu ciri Kurikulum 2013 adalah menerapkan pembelajaran kelompok. Suatu pembelajaran kelompok dinilai berhasil apabila tercipta saling kerjasama dan sharing antar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. SMPN 12 Padang adalah sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 dan pembelajaran kelompok sudah biasa dilakukan. Hasil observasi penulis di SMPN 12 Padang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kelompok tidak berjalan seperti yang diharapkan. Banyak peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan kelompok dan masih rendahnya keinginan peserta didik untuk sharing antar anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan strategi learning community melalui model pembelajaran Jigsaw terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 12 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMPN 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung > ttabel (3,82 > 1,67), pada kompetensi sikap thitung > ttabel (5,56 > 1,67) dan pada kompetensi keterampilan thitung > ttabel (2,71 > 1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi learning community melalui model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 12 Padang dengan taraf kepercayaan 0,05
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEARNING COMMUNITY, JIGSAW, KOMPETENSI BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:54 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10264 |