Suryani, Maydia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Handout Cetak Berbasis Gambar Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kronologis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA 2 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MAYDIA_SURYANI_16046020_5768_2021.pdf [thumbnail of B1_2_MAYDIA_SURYANI_16046020_5768_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MAYDIA_SURYANI_16046020_5768_2021.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya bahan ajar
pembelajaran yang dapat menekankan pada aspek berfikir kronologis siswa.
Bahan ajar yang biasa dipakai siswa adalah buku cetak dan LKS. Guru hanya
menggunakan buku cetak dan LKS tanpa adanya handout atau buku penunjang
lain sebagai pegangan siswa.Berdasarkan observasi yang dilakukan, siswa masih
kurang dalam kemampuan berfikir kronologis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangakan bahan ajar handout cetak berbasis gambar dalam pembelajaran
sejarah untuk melatih kemampuan berfikir kronologis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (research and
development), dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE.(Analyze,
Design, Development, Implementatio, Evaluation). Namun dalam penelitian ini
prosedur penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap Pengembangan
(Development). Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian
dari ahli materi dan ahli bahan ajar pembelajaran sejarah Indonesia, sedangkan uji
praktikalitas hanya dilakukan kepada 2 orang guru sejarah dengan menggunakan
angket untuk menilai kelayakan dan kepraktisan bahan ajar handout cetak berbasis
gambar sejarah di SMA.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar berdasarkan
penilaian dari ahli materi sebesar 3,40 dan penilaian dari ahli bahan ajar sebesar
3,43 hal ini menunjukan bahwa ini menunjukan bahwa bahan ajar handout cetak
berbasisgambar dalam pembelajaran sejarah di SMA sangat layak untuk
digunakan. Sedangkan untuk uji praktikalitas oleh guru sejarah diperoleh rata-rata
penilian sebesar 3,1 dan 3,4 yang menunjukan bahwa bahan ajar handout cetak
berbasis gambar sebagai bahan ajar pembelajaran sejarah di SMA sangat praktis
untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR,HANDOUT, BERFIKIR KRONOLOGIS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:39 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10243 |