An Analysis The Use of Cohesive Devices in Exposition Text Written by The Third Semester Students of English Department at Universitas Negeri Padang (UNP)

Ariyani, Desi (2017) An Analysis The Use of Cohesive Devices in Exposition Text Written by The Third Semester Students of English Department at Universitas Negeri Padang (UNP). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_03_DESI_ARIYANI_1201037_4868_2017.pdf] Text
B1_2_03_DESI_ARIYANI_1201037_4868_2017.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mengetahui jenis-jenis kohesi grammatikal yang sering digunakan oleh
mahasiswa bahasa inggris. Data penelitian ini bersumber dari arsip esei pada
mata kuliah essay writing tentang teks eksposisi yang telah ditulis oleh
mahasiswa program studi Bahasa Inggris. Dari delapan puluh dua esei yang
dikumpulkan, hanya tiga puluh esei yang dipilih secara acak untuk di analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menggunakan tipe
kohesi grammatical secara bervariasi. Jenis yang paling banyak digunakan
adalah kohesi referensial dan konjungsional dengan masing-masing persentase
sebesar 63,84% dan 35,56%. Tipe lain kohesi grammatical; substitusi dan elipsi
berkontribusi masing-masing hanya sebesar 0,30%. Pada banyak kasus,
mahasiswa mengalami kesulitan dalam penggunaan kata ganti tunggal ketika
mereferensikan ke obyek jamak atau sebaliknya. Dari total 1679 penggunaan
kohesi grammatical, mahasiswa mampu menguasai penggunaannya dengan
secara tidak tepat menggunakan 45 (2,69%) kohesi grammatical saja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: AN ANALYSIS THE USE OF COHESIVE DEVICES
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 06 May 2025 05:16
Last Modified: 06 May 2025 05:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10135

Actions (login required)

View Item
View Item