Nurta, Yamir (2013) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana bagi Anak Low Vision melalui Media Kartu Kata: Penelitian Single Subject Research Kelas II di SLB Tunanetra Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_YAMIR_NURTA_69632_883_2013.pdf [thumbnail of B1_2_YAMIR_NURTA_69632_883_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_YAMIR_NURTA_69632_883_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan membaca anak low vision. Anak sering menghilangkan huruf dan mengganti huruf sehingga kalimat yang dibaca kurang lengkap. Gurupun dalam pembelajaran membaca sering menggunakan tulisan Braille sehingga untuk membaca tulisan yang awas anak masih mengalami kesulitan, yang akhirnya nilai kemampuan membaca anak rendah. Dengan demikian, peneliti akan menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah: bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana bagi anak low vision di kelas II SDLB Tunanetra Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Reaserch (SSR) dengan desain A-B pada seorang low vision (X). Ukuran target behaviornya yaitu “nilai” kemampuan anak dalam membaca 10 kalimat sederhana yang telah disediakan. Kondisi A (baseline) yaitu sebelum diberi tindakan dan kondisi B (intervensi) yakni kondisi dimana setelah anak diberikan intervensi melalui media kartu kata. Data dikumpulkan secara langsung dengan mencatat hasil tes secara lisan yang dilakukan. Kemudian data yang diperoleh diolah dalam grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca kalimat sederhana anak meningkat setelah diberikan media kartu kata. Ini terbukti pada fase baseline (A) dengan tujuh pengamatan ternyata nilai tertinggi yang diperoleh anak adalah (3). Sedangkan setelah diberikan intervensi (B) melalui media kartu kata dilakukan sebanyak tujuh kali, nilai kemampuan anak mencapai (10), artinya sudah semua kalimat bisa dibaca anak dengan jelas dan lengkap. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu kata efektif dan dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana anak low vision. Disarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya agar menggunakan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana anak low vision.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Low Vision, Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana, Media Kartu Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 06 May 2025 05:12 |
Last Modified: | 06 May 2025 05:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10107 |