Rahuma, Aulia (2017) Upaya Meningkatkan Pemahaman Fakta Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples pada Mata Pelajaran Antropologi di Kelas XI Bahasa SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_AULIA_RAHUMA_1306125_4242_2017.pdf [thumbnail of B1_04_AULIA_RAHUMA_1306125_4242_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_AULIA_RAHUMA_1306125_4242_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis dalam melihat kurangnya pemahaman siswa mengenai fakta yang dijelaskan guru pada mata pelajaran Antropologi di kelas XI Bahasa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan hal perlu dirancang pembelajaran yang tepat sehingga proses pembelajaran akan mengarahkan siswa untuk dapat memahami materi yang dipelajarinya. Berdasarkan hal ini maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitiandengan upaya meningkatkan pemahaman fakta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada mata pelajaran Antropologi di kelas XI Bahasa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar penemuan dari Jerome Bruner, yaitu seseorang akan mengkonstruksikan informasi yang telah dimilikinya dengan informasi yang baru didapatkannya dalam proses pembelajaran. Dengan mengkontruksikan informasi yang dimiliki dan baru didapatkannya maka seseorang akan mampu memberikan fakta yang tepat untuk menjelaskan konsep tersebut karena kontruksi yang dihasilkannya. Dengan didukung model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dalam penelitian ini maka pemahaman fakta siswa mengenai informasi yang didapatnya akan lebih membaik lagi. Karena model iniadalah model pembelajaran yang membelajarkan murid terhadap permasalahan yang ada disekitarnya melalui analisis contoh-contoh berupa gambar, foto dan kasus yang bermuatan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan instrumen penelitian yaitu soal analisis kasus dan observasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan menggunakan model Examples Non Examples dapat membuat pemahaman fakta siswa lebih meningkat. Hal ini terbukti selalu terjadi perubahan peningkatan yang lebih baik disetiap pertemuan. Tidak hanya padahasil observasi, pemahaman siswa juga semakin meningkat saat diberikannya soal analisis kasus.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman, Fakta dan Konstruksi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 06 May 2025 05:12 |
Last Modified: | 06 May 2025 05:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10104 |