Upaya Meningkatkan Kemampuan Menginterpretasikan Fakta dengan Menggunakan Strategi Teka-Teki Silang pada Siswa Kelas XI IPS II di SMA N I Ulakan Tapakis

Oktaviani, Wiwit (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menginterpretasikan Fakta dengan Menggunakan Strategi Teka-Teki Silang pada Siswa Kelas XI IPS II di SMA N I Ulakan Tapakis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_WIWIT_OKTAVIANI_05495_3168_2013.pdf] Text
B1_2_WIWIT_OKTAVIANI_05495_3168_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kemampuan siswa dalam menginterpretasikan fakta di kelas XI IPS II SMA N 1 Ulakan Tapakis. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Sejauhmana peningkatan kemampuan menginterpretasikan fakta menjadi konsep yang ditimbulkan dari penerapan strategi Teka-Teki Silang pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS II SMA N I Ulakan Tapakis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dalam meningkatkan kemampuan menginterpretasikan fakta menjadi konsep melalui penerapan strategi Teka-Teki Silang pada pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS II SMA N I Ulakan Tapakis Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS II SMA N I Ulakan Tapakis yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Juli-Desember 2012. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dalam bentuk daftar tally. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase (%) Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan fakta dan menjadikanya ke konsep. Pada Siklus I peningkatan terjadi pada fakta berdiri dan berkembang sementara fakta mundur dan runtuh mengalami penurunan dan peningkatan. Untuk fakta mundur penurunan terjadi dari pertemuan pertama kepertemuan kedua dan mengalami peningkatan pada pertemuan ketiga, sementara fakta runtuh penurunan terjadi dari pertemuan kedua kepertemuan ketiga. Mengatasi hal demikian perlu diadakan refleksi untuk siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan adanya peningkatan pada setiap komponen. Peningkatan terkecil terjadi pada fakta mundur sementara peningkatan terbesar terjadi pada fakta runtuh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi teka-teki silang dapat meningkatkan kemampuan menginterpretasikan fakta pada siswa kelas XI IPS II SMA N I Ulakan Tapakis. Oleh sebab itu disarankan kepada guru sejarah untuk dapat mencoba menerapkan strategi ini dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menginterpretasikan Fakta, Strategi Teka-Teki Silang, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 06 May 2025 05:09
Last Modified: 06 May 2025 05:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item
View Item