Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan Room Division di Imelda Padang Hotel-Waterpark-Convention

Oliviera, Theresia (2019) Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan Room Division di Imelda Padang Hotel-Waterpark-Convention. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_THERESIA_OLIVIERA_15135090_5355_2019.pdf] Text
B1_04_THERESIA_OLIVIERA_15135090_5355_2019.pdf

Download (819kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman lapangan industri di Imelda Hotel-Waterpark-Convention Padang, penulis menemukan permasalahan, dimana banyaknya terjadi miss komunikasi antar karyawan room division dan kurang maksimalnya kinerja karyawan room division di Imelda Hotel-Waterpark-Convention Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Room Division di Imelda Hotel-Waterpark-Convention Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assossiatif kausal yang bertujuan untuk melihat Pengaruh Komunikasi Interpersonal (X) Terhadap Kinerja Karyawan Room Division (Y) di Imelda Hotel-Waterpark-Convention Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan room division yang berjumlah 32 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 32 orang. Teknik analisis data menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Komunikasi Interpersonal berada pada kategori cukup baik (62%), (2) Kinerja Karyawan berada pada kategori cukup baik (91%) (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F 11.501 dengan sig. 0,002 < 0,05, maka variabel komunikasi interpersonal dapat menjelaskan variabel kinerja karyawan secara signifikan, dengan nilai R Square sebesar 0,277. Artinya komunikasi interpersonal mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 27,7% dan 72,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya diperoleh t 3.391 dengan taraf signifikan 0,009 < 0,05, maka terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,526 dengan nilai pada sig. 0,009 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan fasilitas kerja akan meningkatkan 0,526 satuan kepuasan karyawan. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar lebih memaksimalkan sikap saling mendukung di hotel dan karyawan lebih meningkatkan kinerja.

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KINERJA KARYAWAN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 May 2025 03:40
Last Modified: 06 May 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10055

Actions (login required)

View Item
View Item